LOVELY PAPUA

~My Lovely Hometown: Tembagapura (TPRA)~

Hm… my sweet home…

Aku sekarang tinggal di Tangerang. Aku tinggal di sini sejak tahun 2007. Hayooo… ada yang lahir tahun 2007??? Acungin tangan!!! *menampakan kebodohan sesungguhnya*

Jadi, sebelum aku tinggal di Tangerang… dimana aku tinggal??? Dimana aku lahir???

Aku lahir di Jakarta, dan selama 2 setengah tahun tinggal di ibu kota itu. Waktu aku lahir, papaku dapet kerja di Papua… alhasil, waktu umurku 2 setengah tahun, sluruh keluarga intiku ikut pindah ke Papua. Tepatnya ke Tembagapura, kabupaten Mimika, Papua. Kota ini kota kecil yang dibuka di tengah hutan–gunung, di ketinggian kurang lebih…. mm…. lupa. Pokonya, luasnya hanya sekitar 1280 km persegi.

Kota ini dibuat untuk mendukung PT. Freeport Indonesia (PT. Freeport aslinya berasal dari Amerika) mengelola dua gunung penghasil emas terbesar dan penghasil tembaga terbesar ketiga. Nah… coba pasangin deh… karena merupakan penghasil tembaga yang besar… maka dikasih nama TEMBAGApura. Hahaha… Ini ada beberapa foto lokasi kota tercinta ini😀

Tembagapura diliat dari atas Tembagapura diliat dari samping

Nah nah.. yang dilingkarin itu posisi rumahku dulu. Tapi setelah aku pergi meninggalkan Tembagapura, deretan rumahku itu dijadiin mes (aku gatau tulisannya) untuk para pekerja. Malah katanya udah banyak banget lokasi rumah yang dijadikan mes😥

Gambar yang kedua itu belum menampilkan seluruh bagian Tembagapura. Hahaha… Hannya daerah Prambanan dan Borobudur, serta Street. Bingung?? Biarkan. Emang ribet. Hahahaha…

Aku sekolah di PG, TK, SD Yayasan Pendidikan Jayawijaya (YPJ) Tembagapura.  Sekolahnya kecil tapi LUAR BIASA😀 Di sekolah ini ada 3 bangunan utama. Gedung A hanya ada 1 lantai, Gedung B dipakai untuk ISS Internasional School (ini sekolah para foreigner–bule yang tingga di Papua), dan Gedung C. Cara belajarnya itu moving class dan yang pasti rada mirip sama sistem Amerika😉 Kalau udah kelas 4 atau lebih, ikut eksul English Club, kita bakal dapet pairing 1 bule dari ISS dan kita bakal punya 1 buku besar yang dijadikan diary bersama. Asik kan??😀 hahahaha

Ini gambar simpel sekolahku. Gambar pertama itu foto sebagian sekolah (karena bangunannya gak keliatan semua, playgroundnya juga ga keliatan). Gambar kedua itu gedung C.

Aku ambil gambarnya bukan dari album pribadi karna kalau dari album pribadi harus di scan. Males banget. Hahaha…

Sebenernya, selain Tembagapura ada lagi nama wilayah lain yang dibuka oleh PTFI (PT. Freeport Indonesia), yaitu Hidden Valey dan Rainbow Reach. Hidden Valley ini rumahnya lebih menyerupai mansion yang bergaya bukan Indonesia (?) hahaha… dan Rainbow Reach. Dikasih nama Rainbow Reach karena letaknya agak tinggu sehingga seakan2 mencapai pelangi. Rumah disini minimalis, tapi disinilah letak kolam berenang satu-satunya di daerah Tembagapura-Hidden Valley-Rainbow Reach, berbasis air hangat.  Rumah di sini rata-rata tinggi (sejenis rumah panggung versi modern)., dan ga seluas Tembagapura atau Hidden Valley. Sedangkan di Hidden Valley ini (sesuai namanya, begitu masuk ke daerah ini, jalan agak turunan dulu) khusus untuk tempat tinggal orang2 yang sudah berkeluarga/married. Biasanya orang yang tinggal di sini, punya jabatan yang cukup baik di PTF😉 temenku banyak juga yang tinggal di daerah ini. Ini salah satu contoh bangunannya.

Orang yang tinggal di sini ga banyak. Mangaknya kalau ngundang artis, kita ga perlu bayar, karena PTFI yang bakal bayarin😀 di sini juga bersih dan cinta lingkungan. Pokoknya alam banget deh. Aku inget, sempet ada keributan di lapangan golf karena sempet ada kangguru putih yang lepas dan jadi ganas gara2 pemain golf-nya ngeganggu. Hahaha… tapi di luar itu, semuanya AMAN… NYAMAN…

Balik lagi ke Tembagapura, di Tembagapura ada satu pusat perbelanjaan yang aku sendiri gatau namanya, tapi bisanya kita sebut Shopping, karena kita cuma bisa shopping di tempat itu. Ini gambarnya:

Di sini, ada halte bus juga. Kenapa halte bus? Karena transportasi umum satu2nya di Tembagapura hanya bus besar yang menyerupai truk. Kalau mau jalan kaki juga boleh, tapi jangan nyesel kalau bakal pegel2. Hahaha… ini contoh foto busnya. Yang warna biru, bus khusus jurusan Hidden Valley. Oh ya, sebelumnya, di wilayah ini, gaada mobil macem2. Semuanya bentuk gitu2 doang dan warnanya PUTIH. Karena jalan di sini naik-turun, berkelok-kelok, berbatu, tanpa pager pengaman jurang, gabisa sembarang mobil masuk.

Di Tembagapura, semuanya ada kok. Pusat perbelanjaan, perpustakaan,  fitness center, restoran, kolam renang, lapangan golf, arena bunuh diri pun ada (maksudnya jalan jurangnya). Di sini tuh super dingin. Ga ada manusia bodoh yang buang-buang duit buat beli AC, karena kita milih make heater; penghangat ruangan. Aku inget banget, nyaris tiap pagi aku bangun, langsung jalan keluar, jongkok, berjemur, langsung… supaya badan agak hangat. Kalau tidur harus pake kaus kaki. Pokoknya jauh lebih keren daripada Puncak. Hehehehe… dan di sini aman. Ga ada yang namanya copet, rampok, maling, dll. Ada sih tindak kriminal, tapi paling itu dari orang Papua asli (kita sebut mereka meno) yang emosi. Atau nggak ya kasus tembak-tembakan oleh orang iadab yang ingin merusak kota indah ini.

Yah… kalau mau cerita tentang kota tercinta ini, butuh waktu seribu satu malam (eaaaa) nih… hahaha…. pokoknya gitulah. Yang pasti, sekali kalian main ke sini, dijamni ga bakal pengen pulang. Aku aja sampe sekarang sedih abis gara-gara belum bisa balik ke sana😥 Dan untuk penutup kota ini, aku kasih beberapa gambar dari sudut berbeda😀

~My Lovely Hometown: Kuala Kencana (KK)~

Nah… selanjutnya… setelah tinggal di Tembagapura selama kurang lebih 6 setengah tahun, aku pindah ke Kuala Kencanawaktu aku kelas4 SD. Kota ini juga di buka oleh PTFI. Bedanya, kota ini ga deket pertambangan dan lokasinya lebih rendah sehingga ga dingin dan jalannya ga naik-turun.

Oh well, I’m out of time. Nanti aku akan segera update bagian Kuala Kencana ini, okeh??

Please wait for it!! And I’ll give you my lovely KUALA KENCANA!!!!!!!!!!😀

-TBC-

12 thoughts on “LOVELY PAPUA

  1. Reneeeeeeeeeeee~
    gpp ya aku panggil Rene? Ekekeke~
    Aku jadi kepingin ke Papua masa ;_;
    temenku juga baru aja mutasi setahun yang lalu dari mutasi. Papa nya hakim yang naik pangkat jadi jendral kalo gak salah ._.

    Aku ngiri tiap denger cerita tentang papua yang kayaknya baguuuusssss banget
    gak penting ya komenku hahahha~
    Biarlah, yang penting aku ninggain jejak😛

    • Eonni~ makasih udah berkunjung.. AAHHH!!!!!! COMMENTER PERTAMA!!! :*** *SUPER BIG KISS*
      hahahaha..
      sama.. aku juga pengen banget balik ke Papua :’)
      kesana aja eon.. tapi cari tiket yg agak murah.. jangan naik garuda.. kalo naik garuda sekali pergi bisa 3jt -.-
      wuahhh!! salam buat temen eonni yah! keren banget itu papanya~ hehehe

      yah.. papua emang LUAR BIASA😀
      terutama di Tembagapura… Kuala Kencana.. dan Kepulauan Raja Ampat🙂 hehehehe
      kalo mau tanya2 tentang Papua, tanya lagi aja, eon🙂
      makasih ya, eon~ :*

      • First? Di page ini?
        Ekekekek~
        Sini-sini aku cium lagi *ngambil sandal* jiakakaa~
        Iya, kata temenku mahal naik garuda ._.a
        tapi aku biasa naik garuda sama mandala, gimana dong? Lagian aku ke sana mau ngapaiiiinnn, kagak ada kenalan =,=
        Okeee di salamin deh😀

        Banget! Aku naksir banget sama papua. Sekolah di sana ajaaaaa, oh my kereeeeennn~
        Aaaahh aku jadi penasaran deh nih ._.
        Tapi di Papua itu terbelakang banget gak sih? Gak juga kan ya?
        Ada travel gitu gak sih di sana? Suka ada turis?

      • bukan di page ini.. tapi di blog ini :3
        huahahaha.. kejam.. mau cium tapi pake sendal -.- huhuhuhuhu
        aku juga seringnya naik garuda atau engga nak airfast (biasanya buat orang2 dan keluarga yg kerja di freeport).. hahahaha

        gapapa.. kalo ke sana, main ke kota yang namanya Timika. itu kota ga begitu bagus tapi ada 1 hotel yg bagus.. main2 aja di situ🙂 hahaha…
        ayo, sekolah di sini.. seru kok🙂

        hmm.. gimana yah? di berbagai bagian, masih BANYAK banget yang terbelakang.. tapi di kota tempat aku tinggal dulu: Tembagapura dan Kuala Kencana, itu kota kecil yg dibuka sama PT. Freeport.. itu kan perusahaan amerika.. jadi gaul banget. sekolahnya moving class… cara belajarnya asik, banyak main ke luar, dan BANYAK bule berkeliaran.. hahahaha… kapan2 main ke 2 kota indah ini.. ga perlu ada kenalan, pasti tetep puas :3 hahahahahahaha

  2. kak aku baru aja pindah dari Tembagapura ke Tangerang, haha kita sama ya? :p aduh ngeliat web ini aku jadi kangen banget sama Papua kak, tapi gimana ya udah nggak bisa balik lagi :”( i missed Tembagapura so much!😦

    • WUAAAAAAAAAAAAAAAA!!!! akhirnya ketemu orang seperjuangan :’)
      iyaaaaaa… kangen beraaaatttttttttttt…. yeah.. actually, kalo punya duit, aku mau mau aja main ke sana terus. tapi tiketnya ituloh…. astaga banget-_- hehehehehehe
      iya…
      Tembagapura ngangenin banget { } *peluk tembagapura*

  3. IREEEEEEENEEEEEE AKOEH BERKOENJOENG!!!!!!!!!
    Dulu tinggal di Papua?? hueee liat potonya pengen tinggal di sonoooooo…. WHAT??? PAKE HEATER???? udah kayak telenovela eropa ajeee hueheheheheehehehehe…. (disana kan gunung XP)

    kyaaa…… *bingung mau ngomong apa lagi*

    • HUAAAAAAAAAAAAAAAAA!!!!! LONG TIME NO SEE!! (sebenernya ga pernah ketemu juga sih ._.a) iya… maksud ya… sok barat gitu.. hahahahaha
      oh yaaaa… udah luaaammmaaa bgt aku ga main ke blogmu.. maaf ya…. aku masih frustasi sama SMAku nih😦 hahahahahaha

    • Maaf baru sempat balas. Beda.
      Mimika itu nama Kabupatennya. Nah Timika itu nama salah satu kota yang ada di Mimika. Beberapa kota yang saya pernah tinggali di Mimika adalah Tembagapura, Kuala Kencana, dan Timika.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s